Tuesday, June 16, 2015

INI Beberapa Penyebab Cake Buatanmu Gagal

Saat membuat cake pastinya Anda berharap cake mengembang bagus. Namun seringkali, kue malah kering ataupun bantat. Bisa jadi karena Anda melakukan beberapa kesalahan ini saat sedang membuat cake.

Meski tampak mudah, membuat seloyang kue dengan hasil memuaskan juga butuh trik tertentu. Salah-salah, kue yang diharapkan lembut dan tinggi justru bisa bantat dan teksturnya kering. Seperti dikemukakan situs Bon Appetit, ada beberapa hal yang justru bisa menggagalkan hasil akhir kue Anda.



1. Bagian tengah cake turun

Sering terjadi bagian tengah cake cekung dan turun. Ini bisa disebabkan oleh pintu oven yang terlalu sering dibuka. Suhu oven yang kurang tinggi, juga terlalu banyak cairan dalam adonan juga bisa jadi penyebabnya. Atau terlalu cepat mengangkat cake dari oven sebelum matang sempurna. Karenanya, pastikan bahan dan suhu yang digunakan sudah sudah tepat.

2. Kue menempel di dasar loyang

Penyebabnya bisa jadi karena lupa melapisi loyang dengan tepung terigu, ataupun terlalu cepat mengeluarkan cake dari loyang. Karena itu, semir loyang dengan sedikit mentega lalu taburi tepung terigu. Atau lapisi loyang dengan kertas roti sebelum dituangi adonan.

3. Kue bantat

Masalah ini sering terjadi dan tampilan cake jadi tak cantik. Ini disbebakan karena terlalu banyak memasukkan telur, kurang baking powder, atau justru malah adonan terlalu lama diaduk. Usahakan untuk selalu mengikuti resep dengan cermat, juga cek apakah soda kue ataupun baking powder belum kadaluarsa.

4. Tekstur kue terlalu kering

Yang diinginkan tentu kue yang lembap dan lembut. Namun seringkali malah teksturnya jadi kering. Biasanya, hal ini disebabkan karena bahan kering yang dicampur sekaligus, ataupun Anda menggunakan tepung terigu terlalu banyak. Karenanya, gunakan tepung dan bahan kering lain dengan akurat sesuai resep dan timbang dengan cermat.

INI Beberapa Penyebab Cake Buatanmu Gagal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown